• Home
  • Belajar
  • Story
  • Review
  • About Us

Thursday, September 22, 2011

Karakteristik Media Televisi

Deskripsi matakuliah

Mata kuliah ini bertujuan untuk membimbing mahasiswa teknologi pendidikan yang berkonsentrasi Pengembangan media guna memperkenalkan dunia pertelevisian di indonesia , baik dalam merancang , mendesain dan membuat program yang bertujuan pendidikan

MPTV 21 september 2011


Karakteristik Media Televisi

1. Kebutuhan penonton berbeda

Di indonesia yang terdiri dari beberapa daerah dan suku bangsa jelas membuat suatu perbedaan watak , sikap , sifat dan kebutuhan individu tesebut . jika kita kaitkan dengan kebutuhan menonton televisi jelas sangat berbeda . kebutuhan orang desa sangat berbeda dengan orang kota dalam menonton televisi . 

Kenyataannya industri pertelevisian saat ini cenderung hanya melihat sisi kebutuhan perkotaan saja ( jakarta ) mereka tidak melihat bagaimana kebutuhan penonton di daerah-daerah .

2. Ruang menonton berbeda

Perbedaan ruang bisa mencakup dari sisi Geografis dan sisi Psikologis dari penonton televisi . Ini yang masih menjadi dilema dalam penyiaran pertelevisian di Indonesia . dapat dicontohkan jika di Jakarta jam 5 pagi dan di jayapura sudah pukul 7 pagi , biasanya siaran pertelevisian selalu mengikuti Jakarta (WIB) . contoh pada jam tersebut biasanya di isi dengan acara siraman rohani , orang-orang jakarta memang cocok pada jam tersebut sebelum jalan kekantor mereka menonton acara siraman rohani . lain halnya di Jayapura acara siraman rohani sudah tidak bisa di tonton lagi karena mereka sudah ada dikantor ataupun sekolah .

3.Komunikasi satu arah

Komunikasi yang terjadi yang paling dominan adalah komunikasi satu arah , memang saat ini banyak layanan suara dalam berbagai acara televisi tetapi hanya sebagian orang yang dapat berkomunikasi dua arah tetapi selebihnya penonton hanya melakukan komunikasi satu arah . 


0 comments:

Post a Comment